PEMBAHASAN TENTANG CONTOH KOMUNIKASI
BISNIS
A. PENGERTIAN
Secara etimologi komunikasi berasal
dari bahasa Latin ”communis” (bersama),
sedangkan menurut kamus, komunikasi meliputi ungkapan-ungkapan seperti berbagi
informasi atau pengetahuan, memberi gagasan atau bertukar fikiran, informasi,
atau sejenisnya dengan tulisan atau ucapan. Definisi lain terbatas pada
situasi.
Pesan dengan sengaja disampaikan
untuk mendapatkan respons,seperti pertanyaan yang diajukan memerlukan jawaban,
instruksi yang diberikan perlu di ikuti, atau penyajian iklan untuk
stimulan agar orang membeli suatu produk.
Menurut William C. Himstreet dan
wayne murlin Baty, komunikasi berarti suatu proses pertukaran informasi antar
individu melalui sistem yang biasa (lazim digunakan) baik dengan
simbol-simbol,sinyal-sinyal, maupun dengan prilaku atau tindakan. Sedangkan
Bisnis dalam kamus Bahasa Indonesia diartikan sebagai perniagaan, perdagangan
ataupun dagang. Jadi secara
sederhana dapat dikemukakan bahwa
yang dimaksud dengan komunikasi bisnis adalah
komunikasi yang digunakan dalam
dunia bisnis, yang mencakup komunikasi verbal dan
nonverbal (Drs.Djoko Purwanto,
M.B.A). Akan tetapi komunikasi bisnis berbada dengan komunikasi antar pribadi
(interpersonal communications) yang merupakan bentuk komunikasi yang lazim
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari antara dua orang atau lebih untuk mencapai
tujuan tertentu. Komunikasi bisnis juga berbeda dengan komunikasi lintas budaya
(intercultural /cross-cultural communications) yang merupakan komunikasi yang
dilakukan antara dua orang atau lebih, yang masing-masing memiliki budaya yang
berbeda.
B. UNSUR KOMUNIKASI
• Setiap orang disadari atau tidak
pasti melakukan komunikasi, keberhasilan setiap aspek kehidupan ditentukan oleh
kecakapan berkomunikasi seseorang ataupun kelompoknya. Ada
tujuh aspek yang menyebabkan komunikasi dapat terjadi, yaitu ;
1. Adanya manusia
2. adanya pesan
3. Saluran
4. gangguan
5. Konteks
6. Umpan balik
7. Pengaruh
C. KOMUNIKASI VERBAL
•Verbal communication merupakan
salah satu bentuk komunikasi yang lazim digunakan untuk menyampaikan
pesan-pesan bisnis kepada pihak lain melalui lisan ataupun tulisan. Bentuk komunikasi
ini memiliki struktur yang teratur dan terorganisasi dengan baik. Contoh
komunikasi verbal dalam dunia bisnis antara lain ;
a. Membuat dan mengirim surat
teguran kepada nasabah yang menunggak pembayaran
b. Membuat dan mengirim surat
penawaran harga barang kepada pihak lain
c. Berdiskusi dalam suatu tim kerja
d. Mengadakan pelatihan manajemen
kepada para manajer operaional /manajer lini
e. Melakukan presentasi bisnis
dengan para investor
D. PENTINGNYA KOMUNIKASI VERBAL
• Dengan komunikasi verbal
diharapkan orang dapat memahami apa yang disampaikan oleh si pengirim pesan
baik dalam bentuk mendengarkan informasi yang disampaikan secara lisan maupun
tulisan. Komunikasi bisnis yang efektif sangat tergantung pada keterampilan seseorang
dalam mengirim maupun menerima pesan. Secara umum untuk mengirim pesan bisnis
seseorang
dapat menggunakan lisan (30 %) dan tulisan
(9 %). Sedangkan untuk menerima pesan bisnis orang sering menggunakan
pendengaran / mendengar (45 %) danbacaan / membaca (16 %).
E. KOMUNIKASI NONVERBAL
•Nonverbal communication adalah
salah satu bentuk komunikasi yang lazim digunakan dalam
menyampaikan pesan dengan
menggunakan gerak tubuh / bahasa tubuh. Contoh komunikasi nonverbal antara lain
:
a. Mengerutkan dahi tanda seseorang
sedang berfikir
b. Tersenyum dan berjabat tangan
sebagai cerminan rasa senang, simpati dan penghormatan kepada relasi bisnis
c. menganggukkan kepala isyarat
tanda setuju dengan pendapat rekan bisnis
F. PENTINGNYA KOMUNIKASI NONVERBAL
• Komunikasi nonverbal sangat
penting karena memiliki pengaruh yang lebih besar daripada komunikasi verbal, isyarat
komunikasi nonverbal adalah sangat penting untuk menyampaikan perasaan dan
emosi seseorang. Keunggulan komunikasi nonverbal adalah reabilitasnya, hal ini
berkaitan dengan tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap kebenaran pesan yang
disampaikan. Dengan isyarat nonverbal seseorang dapat mendeteksi kecurangan
ataupun menegaskan kejujuran informasi yang diterimanya.
G. PROSES KOMUNIKASI
• Menurut Courtland L. Bovee dan
john V. Thil dalam business Communication Today,
proses komunikasi (communication
process) terdiri dari enam tahapan, yaitu :
1. Pengirim mempunyai suatu ide atau
gagasan
2. pengirim mengubah ide menjadi
suatu pesan
3. Pengirim menyampaikan pesan
4. penerima menerima pesan
5. Penerima menafsirkan pesan
6. Penerima memberi tanggapan dan
mengirim umpan balik kepada pengirim
H. CONTOH KOMUNIKASI BISNIS
- Sri Mulyani memberi surat kepada PLN agar memperkirakan keuangan dengan baik
Sumber:
Komunikasi Bisnis, edisi 3 Penerbit Erlangga, Drs. Djoko Purwanto, M.B.A
https://books.google.co.id/books/about/Komunikasi_Bisnis_edisi_3.html?id=NqowMZkeX3AC&hl=en
LEGENDAQQ.NET
BalasHapusKami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari Legendaqq.Net. :) 1 ID Untuk 8 Games :
- Domino99
- BandarQ
- Poker
- AduQ
- Capsa Susun
- Bandar Poker
- Sakong Online
- Bandar 66
Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ.Net. info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan LegendaQQ.Net :
- Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
- Kartu Anda Akan Lebih Bagus
- Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
- Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
- Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
- Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
- Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
- Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
- LegendaQQ.Net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
- Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.
Fasilitas BANK yang di sediakan :
- BCA
- Mandiri
- BNI
- BRI
- Danamon
Tunggu Apa Lagi Guyss..
Let's Join With Us At LegendaQQ.Net ^^
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
- BBM : 2AE190C9
- Facebook : LegendaqqPoker
Link Alternatif :
- www.legendaqq(dot)net
- www.legendapelangi(dot)com
NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss ^_^